22 September 2018
Beranda / Kegiatan / Disperindag Kalteng Adakan Pelatihan Anyaman Rotan di Barsel

Disperindag Kalteng Adakan Pelatihan Anyaman Rotan di Barsel

Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Kalimantan Tengah mengadakan pelatihan teknis produksi sentra kepada masyarakat pengrajin anyaman rotan dan pandai besi di Kabupaten Barito Selatan.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah ilmu bagi para pengrajin pandai besi dan penganyam rotan,” kata staf Bidang Industri Kecil dan Menengah pada Disperindag Kalteng, Iman, ST, di Buntok, Minggu.

Menurut dia, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membina para pelaku usaha agar mereka bisa lebih produktif dalam menjalankan wirausaha serta menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi warga.

“Adapun instruktur atau pelatih dalam kegiatan ini berasal dari Palangka Raya dan mereka sudah berpengalaman melatih, baik untuk di wilayah Kalteng maupun provinsi lainnya di Indonesia,”ujar Iman.

Sementara Kepala Disperindagkop dan usaha mikro kecil. Menengah (UMKM) Barsel, Agus Taruna, SH mengucapkan terima kasih kepada Disperindag Provinsi yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di Barsel.

“Kami mengharapkan melalui kegiatan ini akan bisa meningkatkan kemampuan teknis para pengrajin anyaman rotan maupun pandai besi di wilayah Barsel ini di masa mendatang,” ucap dia.

Ia mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini para pengrajin anyaman rotan dan pandai besi bisa menjadi lebih baik lagi sehingga keahlian mereka bisa mengikuti perkembangan jaman.

“Sedangkan untuk jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 45 orang yang mana terdiri dari 25 orang penganyam rotan dan 20 orang lainnya lagi pandai besi,” jelasnya.

Acara pelatihan teknis produksi sentra yang diselenggarakan Disperindag Provinsi kalteng di wilayah Barsel tersebut berlangsung selama dua hari dari 11-12 Oktober 2015

Tentang FOSTER SULTENG

Menghimpun seluruh stakeholder terkait untuk upaya bersama dalam pengembangan dan penguatan pengusahaan rotan Sulawesi Tengah.

Baca Juga

Menampilkan Rotan di Pameran Interior Internasional IMM Cologne 2016

Belum terlalu dikenal Indonesia memasok sekitar 80 persen kebutuhan bahan baku rotan di seluruh dunia. …

FOSTER-SULTENG